Kegiatan UMKM Gathering LPB PAKIGA

Kegiatan UMKM Gathering yang diseleggarakan oleh LPB Pama Kite Gale ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2016, bertempat di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim. Acara ini dibuka oleh Bapak Drs. H. Darmawan, MM selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim, dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kab. Muara Enim, perwakilan Pemerintah Kecamatan Muara Enim, perwakilan pemerintah Lurah Tungkal Muara Enim, dan perwakilan Manajemen PT. Pamapersada Nusantara SITE MTBU Tanjung Enim serta dihadiri 35 UMKM Mitra LPB Pama Kite Gale dan masyarakat sekitar.
Acara yang berlangsung serius tapi santai ini diawali dengan acara pembukaan dan sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan LPB PAKIGA dan UMKM Mitra Usaha-nya serta persentasi pencapaian kerja Program Tahun ke-I LPB PAKIGA oleh Bapak Rifvo Aprianto selaku koordinator kepada seluruh tamu undangan dan UMKM Mitra Binaan. Acara ini disambut baik oleh seluruh tamu undangan dan UMKM yang hadir pada acara tersebut, dan hasilnya dari pihak Dinas Koperasi sangat mengapresiasi kegiatan ini dan diharapkan untuk kedepan kegiatan peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dapat terus dikembangkan melalui Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Kite Gale, dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Dinas terkait terutama Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim yang menaungi seluruh kegiatan pengembangan UMKM yang ada diwilayah kerjanya.
Acara kemuIMG_0229.jpg editdian dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke 8 stand pameran produk UMKM mitra usaha LPB PAKIGA. Pameran produk UMKM ini menampilkan berbagai produk hasil pembinaan LPB Pakiga selama 1 tahun pertama, antara lain Budidaya Buah Naga dan olahannya, Budidaya Jamur Tiram dan olahannya, Budidaya Ikan Lele dan olahannya, Budidaya Tanaman sayuran, Kerajinan dari barang bekas yang ditampilkan oleh Proklim (Program Kampung Iklim) Bukit Agung binaan PT. Pamapersada Nusantara Jobsite MTBU, Waffle dan Bubble ‘Duo S’, Pupuk Bokashi Bukit Mandiri, dan Olahan Makanan sehat ala Yo’ UNA berbahan jamur, lele, buah naga dan sayuran.
Acara Seminar Motivasi disampaikan oleh 2 pembicara, yaitu Bapak Sunarwan yang merupakan pelaku usaha Budidaya Ikan Air Tawar, dalam penyampaiannya beliau menceritakan tentang pengalaman merintis usaha budidaya ikan air tawar yang dimulai dari tahun 2002, bagaimana ia mampu bertahan dalam pasang-surut usaha ini, karena inti kesuksesan adalah Focus pada tujuan dan sikap mental dalam berbisnis. Pembicara kedua yaitu Bapak Taufik Hidayat yang menyampaikan motivasi mengenai korelasi antara tujuan usaha dengan tujuan hidup.
Hasil dari kegiatan ini adalah LPB Pakiga semakin dikenal luas oleh masyarakat, dan memperoleh apresiasi dari pihak pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM kab. Muara Enim dan Dinas Kesehatan Kab. Muara Enim, serta Pemerintah Kecamatan Muara Enim dan Kelurahan Tungkal.
IMG_0190.jpg edit
IMG_0198.jpg editIMG_0226.jpg editIMG_0227.jpg editIMG_0228.jpg edit