Kegiatan Pelatihan Pemasaran Produk melalui e–Commerce ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 19 April 2017.  Bertempat di Kantor LPB Pama Kite Gale Jl. Lingga Raya no. 296 Dusun IV Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 20 orang yang merupakan UMKM Mitra Binaan LPB PAKIGA.  Instruktur pada kegiatan ini adalah Ibu Sari Narulita, SE dan Bapak Miradi Sanjaya, A.Md (Penggerak Rumah UMKMK Kabupaten Muara Enim sekaligus Konsultan Keuangan Gerbang Serasan dan Pengelola e-commerce Gerbang Serasan)

Materi pada kegiatan pelatihan ini meliputi Pengenalan Dasar tentang Internet Marketing dan Sosisalisasi e-commerce Gerbang Serasan, Cara Promosi / pemasaran Internet dengan murah, efektif atau bahkan gratis, Cara riset produk dan daftar istilah (keyword) yang sedang dan akan laku di pasar, dan Praktek e-commerce melalui Android dan iOS. Materi pelatihan disampaikan dengan konsep “Learning by Doing” dimana peserta pelatihan melakukan praktek ketika materi disampaikan.  Kegiatan yang dilaksanakan salah satu diantaranya membuat akun di penyedia layananan ecommerce, mengupload contoh barang. Pelatihan ini bertujuan membekali peserta untuk mampu berjualan secara online, menangani pemesanan sampai tindak lanjut transaksi keuangan.

Tujuan dari kegiatan pelatihan e-commerce produk UMKM ini adalah :

  1. Meningkatnya Pengetahuan UMKM tentang pentingnya pemanfaatan e-commerce untuk pemasaran produknya pengetahuan
  1. Meningkatnya Pengetahuan UMKM tentang pentingnya pemanfaatan e-commerce yang dapat digunakan oleh UMKM dalam memasarkan berbagai produk yang dihasilkanya kedalam bentuk digital.

 

Hasil dari program pertemuan ini adalah:

  1. UMKM mulai memanfaatkan media internet untuk membantu dalam pemasaran produknya
  2. Melalui kegiatan ini, UMKM mulai mengetahui cara promosi yang efektif di Media Sosial, cara mengupload contoh barang dan penggunaan bahasa efektif sehingga mampu meningkatkan promosi produknya