Kegiatan Pendampingan Pembukuan Sederhana visit 1.

Kegiatan Pendampingan Pembukuan Sederhana visit 1 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Desember 2017. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari bertempat di rumah salah satu anggota kelompok UMKM yang berada di desa Tanjung Raja kecamatan Mura Enim.

Peserta yang hadir pada Kegiatan ini berjumlah 5 orang. Terdiri dari 4 UMKM Jamur dan 1 UMKM olahan makanan yang merupakan Mitra Binaan LPB PAKIGA.  Pendampingan ini diisi oleh Ibu Sari Narulita SE,MM,PhD yang merupakan KKMB Gerbang Serasan Kabupaten Muara Enim.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi tentang bagaimana cara menghitung pengeluaran dan pemasukan yang didapat dari bidang usaha masing-masih UMKM, kemudian dilanjutkan dengan mencatat harga per item yang dibutuhkan pada sekali masa produksi, yang selanjutnya dihitung harga barang pada tiap kali produksi dan dibandingkan dengan harga modal untuk menentukan apakah harga penjualan tersebut menguntungkan atau tidak, kemudian setelah dibuat pencatatan di buku kecil kemudian dipindahkan pada tabel untuk dimasukan dan digolongkan sesuai dengan bagian pendapatan serta pengeluaran.

Tujuan diadakan pelatihan ini salah satunya agar UMKM lebih mengerti cara membuat pembukuan yang baik dan benar secara sederhana serta memberikan informasi kepada UMKM tentang bagaimana mengevaluasi usaha termasuk apa saja kebutuhan pada saat produksi dan untuk lebih mudah menentukan target serta laba rugi.

Dari hasil kegiatan pelatihan tersebut, UMKM sudah mulai mengerti tentang bagaimana cara memasukkan dan memilih data mana saja yang termasuk pemasukan dan pengeluaran, serta mengetahui bagaimana menentukan harga jual. Ternyata setelah diadakan praktek pembukuan sederhana UMKM memahami bahwa pembukuan yang rapih dan berbentuk tabel dapat mempermudah evaluasi penjualan serta pembelian bahan baku. Disamping itu UMKM lebih mengerti manfaat dari penggunaan buku besar yang selama ini tidak pernah diisi dikarenakan beum paham pembuatan tabel dan cara pengisiiannya. Kegiatan ini disamping sebagai pendampingan cara pembukuan sederhana juga sebagai kunjungan lapang ke UMKM yang berada di daerah tanjung raja untuk melihat demplot jamur sebagai tempat pembelajaran UMKM Jamur tiram Mitra Binaan LPB Pakiga.